Jumat, 15 Juni 2012

KAPAN "ME TIME" YANG TEPAT?

Dear all,

Tumben-tumben nulis sehari bisa 2 kali? :)

Sepertinya ini efek BT yang berkepanjangan. Cuman pengin nulis tentang me time. Apa sih me time itu? menurut saya, me time lebih kepada waktu untuk diri sendiri, bisa berarti waktu untuk kita mengaktualisasikan diri tanpa diganggu siapa-siapa termasuk urusan rumah dan kerjaan.

Seperti saya sekarang.. akhir-akhir ini lebih merasa pengin punya waktu untuk bisa sendiri meskipun cuman diem 5 menit, nonton tivi, buka facebook, baca berita, atau sekedar tidur yang benar-benar nyenyak...

Entah kenapa, merasa capek lahir dan batin... (just feeling..). Untuk ibu pekerja, plus ibu rumah tangga, plus istri, terkadang rasanya waktu untuk diri sendiri saja tidak punya. Meski sangat terbantu dengan adanya asisten RT 2 orang di rumah.. tetap aja belum merasa berada di comfort zone.

Setiap pagi termasuk sabtu, masih harus bangun pagi jam 6 (kadang lebih tergantung panggilan body...), mandi dan mandiin si kakak, sampe jam 7 (kadang lebih, tergantung grasa-grusunya...) udah mulai berangkat ke kantor. Pusing mikirin kerjaan, kadang sampe pusingnya, bisa curi waktu nge-blog atau sekedar browsing 1-2jam. Istirahat kantor pulang dan nenen'in si adek (masih ngasih ASI...), dan terkadang jam 1 siang kurang 15 menit baru bisa makan siang. Jam 1 siang balik ke kantor dan berkutat lagi ama kerjaan sampe kadang-kadang jam 5.

Sampai rumah pun, masih harus mandiin si kakak, sekalian mandi juga. Si adek untungnya sudah dimandiin si embaknya.

Sebentar jam 6 sore atau kurang antar si kakak les piano tiap selasa dan kamis, belum lagi les lukis yang ge jelas jam nya di atas jam 6 sore di rumah temennya tergantung guru les nya datengnya jam berapa. Belum lagi kadang kalo ada stock makanan ato sekedar pampers, ato susu, ato apalah yang abis, belanja ke minimarket...

Sebenernya yang menguras energi adalah saat dimana anak-anak itu rewelnya minta ampun.. belum lagi betengkar dan susah diatur... apalagi bapaknya datang kerja dan hobby gangguin anak-anaknya sampai nangis... hadeeeeew ribetnya setengah mati....



Mana si kecil kalau udah mamanya datang dari kantor ... si embak nya ga ada yang laku, maunya nempel terus, dan si bapaknya ndak ikut cawe-cawe... :"(



Kapan sih me time yang tepat untuk kita-kita para ibu, para istri, dan para wanita pekerja???

Ini copas dari artikel dan menarik untuk dibaca.

Perlunya "Me Time” bagi Perempuan dan Cara Mendapatkannya
Sangat penting bagi kesehatan dan kebahagiaan para ibu untuk mendapatkan waktu “me time”.

Bahkan untuk Anda yang merasa menjadi ibu super sekalipun, menyediakan waktu untuk beristirahat dan meluangkan waktu bagi diri sendiri adalah perlu. Cara ini diperlukan untuk menghindarkan stres bagi ibu.

Stres tak hanya dimiliki mereka yang bekerja di luar rumah. Ibu-ibu rumah tangga pun juga tak terhindarkan dari risiko ini. Apalagi masih banyak para ibu yang merasa tidak memerlukan “me time”.

Tahukah Anda ketika kelelahan dalam mengurus rumah tangga, akan menjadikan Anda kehilangan kesabaran, menjadi mudah marah, dan bahkan depresi. Untuk itu, jangan pernah merasa bersalah untuk sesekali pergi melakukan kegemaran Anda sendiri.

Definisi “me time” juga tidak selalu berarti Anda pergi melancong sendirian untuk waktu yang lama. Setiap hari pun Anda bisa mendapatkan waktu untuk diri sendiri. Ini caranya:

1. Bangun lebih awal 10 menit.
Tentu saja Anda perlu mendapatkan waktu tidur, namun dengan menyetel alarm 10-15 menit lebih awal dari anggota keluarga lainnya, Anda bisa menggunakannya untuk mendapatkan waktu bagi diri sendiri. Gunakan kesendirian ini untuk mendengarkan musik, membaca buku, surat kabar, atau meditasi.

2. Jadwalkan “me time” Anda.
Mungkin terdengar konyol, namun Anda harus membuat jadwal di kalender Anda. Tentukan waktu ketika Anda bisa melakukan semua kegemaran Anda. Misalnya menonton ke bioskop atau berbelanja, atau sekadar pergi ke kedai kopi. Jadwal “me time” bisa Anda atur harian, misalnay 10-15 menit di pagi hari, dan kemudian seminggu atau sebulan sekali untuk pergi ke salon, atau apa pun kegemaran Anda.

3. Mulailah menulis jurnal.
Satu cara terbaik untuk memberi diri Anda waktu rehat sejenak adalah mulai menulis jurnal. Tulislah setiap hari sebelum Anda tidur. Dengan cara menulis ini, Anda bisa melepaskan tekanan, mengatur kembali tujuan hidup, mencatat pencapaian anak atau keluarga yang lain, atau sekadar menulis aktivitas harian Anda.
Penulis: Sheknows/ Dewi Ria Utari
Jadi, dari artikel di atas, coba deh kita PARA WANITA SUPER, mencoba untuk mulai meluangkan waktu untuk kita sendiri. Beri pengertian pada pasangan kita untuk sekali waktu memberikan waktu untuk kita sekedar di kamar sendirian, atau menonton tivi sendirian, keluar ke mall sendirian, ke salon, pijat dll.
Yaaah semoga dengan menulis blog ini sekalian berbagi informasi juga sebagai "me time" bagi diri saya sendiri.
----semangat----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar