Sabtu, 07 September 2013

KETAKUTANKU....

dear all...

fiuuuuuh... Mungkin minggu ini merupakan minggu yang berat buat aku.. 

Semalam seperti jumat sebelumnya adalah saat kontrol rutin ke dokter kandungan... Kabar yang beliau sampaikan kompleks :
1. kepala bayi udah dibawah tapi belum masuk panggul
2. Usia kehamilan sudah 37 minggu
3. Berat badan bayi sudah 3 kg 76 ons naik 300 gr dari minggu sebelumnya
4. Aku bisa IMD meski di ruangan dan tidak di ruang operasi
5. Paling lama 2 minggu lagi, si kecil harus sudah lahir 
6. Saran dokter hari minggu besok bisa dilakukan tindakan.. 

jiaaaaaahhhhhh...... gimana ga stress.... kita coba pikir-pikir sampai dirumah dengan diskusi dengan suami, dan orang tua.. akhirnya diputuskan tanggal 15 September 2013 minggu depan. 

Apa yang ada di benakku??  Jarum infus... ambil darah untuk test lab, obat pencuci perut buat membersihkan perut... dan kateter..... huaaaaaa...

Aku paling benci ditusuk-tusuk jarum... hal yang paling aku ingat adalah saat adek padma lahir 2 tahun lalu... dengan kondisi yang siap lahir dan batin untuk cesio... tapi apa yang terjadi? setelah melahirkan ternyata Hb ku turun banyak... sempat menolak untuk transfusi dan diupayakan untuk cara alternatif dengan makan sari pati ayam.. Tapi, besoknya Hb makin turun. Padahal, aku tidak merasakan apapun, lemas atau pusing. 

Dengan terpaksa menyetujui saran dokter untuk transfusi darah B. Untung Papa dan suami punya golongan darah yang sama, sehingga tidak perlu ambil dari PMI, meski kantor saat itu sempat heboh dan banyak yang bersedia mendonorkan darahnya... Dengan 4 kantung darah B, aku akhirnya trasnfusi... 

Apa efek sampingnya? ternyata proses transfusi itu menyakitkan... Yang tadinya aku sudah bisa jalan ke kamar mandi sendiri, setelah transfusi.. boro-boro jalan, mau bangun ajah susah... Badan rasanya sakiiiiit semua, seperti dipukulin atau abis kerja berat... Itu berlangsung 2 hari. Dokter sempat bingung dengan kondisi badanku yang bukannya stabil malah labil.. meski akhirnya setelah ambil darah lagi untuk di test lab, Hb ku mulai normal.

Membayangkan rasa itu masih melekat di otakku, aku mulai ketakutan sekarang. 

Ambil darah bisa dilakukan beberapa kali selama di Rumah Sakit. Infus juga begitu, aku sempat ganti infus 2 kali karena bengkak.. coba bayangkan harus ditusuk lagi.  Pemberian obat pencuci perut itu juga sangat tidak nyaman, perut rasanya di peras sampai kosong.. dan itu sampai 2 kali pemberian..haduuuh bagaimana rasanya. Pemasangan kateter menjelang operasi, itu sakit loh dan ga nyaman.

Belum lagi disuntik obat bius di punggung... terus diberikan obat penghilang  rasa sakit 2 kali sehari setelah operasi, selama 3 hari... meski disuntiknya lewat infus, rasanya luar biasa sakit diseluruh pembuluh darah... periiiiiiihhhhh....

Ternyata persiapan yang sudah aku lakukan selama ini, ga ada artinya sama sekali dibandingkan dengan persiapan mental. 

Dan siapa bilang lebih enak cesio daripada normal... yang jelas lebih enak NORMAL!

Itulah yang membuat aku semalam sampai saat ini tidak bisa tidur... tidur jam 11 malam sampai jam 1.30 dini hari, dan terbangun sampai sekarang ga bisa tidur. Subuh tadi, akhirnya aku ga kuat, dan nangis sejadi-jadinya.... Ya Tuhan.. kenapa aku bisa setakut ini? 

Suamiku berusaha menenangkan aku.. ada ketakutan jadinya baby blues kalau aku terus begini. Memang harus semangat... Kata suami, banyak orang yang lebih sakit dibandingkan aku, dan aku harus kuat menjalaninya. Yang pasti harus berdoa dan pasrah.

Orang-orang terdekat dan aku cintai, juga menyampaikan hal yang sama... Harus kuat, harus semangat, demi si kecil. Mereka selalu berdoa untuk aku.. 

Sempat juga berfikir... memang enak bicara daripada melakukannya... seandainya mereka ada di posisiku, mereka akan tahu rasanya seperti apa... 

Tapi ya sudahlah... aku tinggal menjalani.. hanya saja ketakutan berikutnya adalah.. pada saat padma lahir dan aku dalam kondisi terbaik, selanjutnya aku mengalami penurunan Hb. Apalagi ini? Aku takut terjadi sesuatu padaku.. sehingga aku meninggalkan orang-orang yang aku cintai... 

Mencoba positive thinking.. memikirkan yang indah-indah... itu saran dari orang-orang yang aku cintai.. 

Entah berapa kali aku menangis hari ini... dan semoga aku bisa menjalani semuanya.. 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar